CARA KERJA MESIN DIESEL DAN LANGKAH KERJANYA

 CARA KERJA MESIN DIESEL. BAGAIMANA CARA KERJANYA?


Mesin pembakaran internal mengubah energi kimia dalam bahan bakar menjadi energi mekanik. mesin diesel yang telah melayani umat manusia selama lebih dari satu abad merupakan mesin pembakaran internal paling serbaguna dan ekonomis.

untuk bisa melepaskan energi kimia dalam diesel secara efektif, bahan bakar yang dikabutkan dibuat agar melakukan kontak dengan udara yang bersuhu dan bertekanan tinggi. energi secara efektif ditransfer sebagai energi rotasi mekanis. jadi pengoprasian mesin diesel adalah dengan menghasilkan suhu tinggi dan udara bertekanan tinggi secara terus menerus. kita akan melihat bagaimana caranya. digambar berikut.


Langkah pertama yakni isap, memanfaatkan gerakan piston dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Pada saat bersamaan ada tekanan udara yang rendah di ruang bakar, sehingga katup isap terbuka, membuat udara dari intake manifold masuk ke ruang mesin.

Kemudian langkah kedua, kompresi. Prosesnya ketika piston bergerak dari TMB ke TMA. Pada langkah ini katup isap dan buang tertutup, sehingga gerakan piston membuat udara terkompresi dan suhunya naik.

Langkah selanjutnya, pembakaran. Saat piston berada pada titik TMA, lalu tekanan udaranya tinggi, solar disemprotkan oleh injektor ke ruang mesin.
"Ketika ada udara yang dikompresi, tekanan dan temperaturnya naik mencapai temperatur nyala, maka ketika dicampur solar dalam bentuk kabut akan menyala (terjadi pembakaran).

Proses pembakaran ini menimbulkan gaya ekspansi yang menekan piston ke TMB, yang kemudian memutar crankshaft untuk meneruskan daya ke sistem penggerak.
Namun pembakaran yang timbul sifatnya tidak beraturan. Dalam artian, bisa terjadi beberapa kali ledakan pembakaran saat piston turun ke TMB. Sehingga ada getaran lebih banyak yang ditimbulkan.

"Makanya mesin Diesel kan tebal-tebal konstruksinya kuat, karena biasa bekerja dengan tekanan tinggi untuk mengatasi getaran yang berlebih.

elanjutnya langkah pembuangan. Karena ada momen inersia pada connecting rod, piston kembali bergerak ke atas dengan katup buang terbuka.
Hasilnya gas sisa pembakaran tadi keluar melalui katup buang. Kemudian siklus mengulang lagi dimulai pada langkah pertama.



Terima Kasih. untuk ilmu lain ada disini https://myartpasco.blogspot.com/


Komentar